30 Desember 2007

Sukses Hidup Dunia dan Akhirat



Hampir semua orang memiliki impian menjadi orang yang berhasil dalam hidupnya bahkan setiap habis shalat selalu berdo'a Rabbana attinna fidunnya hasanah wafila'hirati hasanah waqina adza bannar. yang artinya : Ya Allah berilah kami kebaikan di dunia dan akhirat.

Namun tidak sedikit mereka kesulitan menemukan jalan menuju impiannya. Beberapa cara dicoba mulai dari mengembangkan pengetahuan dan kemampuannya. Berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dikumpulkan, ternyata ada 5 faktor dasar yang menentukan kesuksesan hidup seseorang. kelima faktor tersebut adalah:

1. Keyakinan
Banyak sekali sudah diulas oleh para ahli psikologi mengenai kekuatan suatu keyakinan dalam menuntun kesuksesan hidup seseorang. Ada suatu pkitangan yang menarik untuk kita simak, bahwa "Allah akan mengikuti prasangka hambanya". Artinya, bahwa ketika kita sendiri tidak memiliki keyakinan akan menuju atau menjadi apa nantinya, maka Allah tidak akan memberikan bimbingannya kepada kita menuju ke arah yang kita inginkan. Namun, bila kita memiliki suatu tujuan yang jelas dan kita yakin akan mampu mencapainya, maka Allah akan memberikan bimbingannya kepada kita menuju kearah tersebut. Disisi lain hampir semua energi yang ada di dalam diri kita akan menarik energi yang sama dari luar kita menuju kearah yang kita inginkan.

2. Kemauan
Apapun yang kita impikan atau rencanakan tanpa didukung dengan kemauan, niscaya kita tidak akan pernah berhasil mengapainya. Kemauan merupakan energi potensial yang akan mengerakkan semua potensi yang ada dalam diri kita untuk meraih apa yang diinginkan.

3. Kemampuan
Kemampuan terdiri dari kemampuan teknis maupun kemampuan non teknis. Kemampuan teknis, misalnya kita memiliki kemampuan dalam memproduksi suatu barang atau jasa. Sedangkan kemampuan non teknis bisa berupa kemampuan dalam mengkomunikasikan sesuatu yang kita miliki, bisa juga berupa kemampuan dalam mengelola sumberdaya yang ada disekeliling kita

4. Kesempatan
Setiap orang memiliki kesempatan yang sama, namun yang membedakan adalah bagaimana cara menilai, menyikapi dan memanfaatkannya. Bila kita sudah memiliki ke-3 faktor diatas, maka kita akan mampu untuk menciptakan kesempatan yang baik untuk mewujudkan "mimpi" kita semua. Selain kita mampu menciptakan kesempatan buat mewujudkan mimpi kita, bisa jadi kita akan memperoleh kesempatan yang datang dari luar diri kita. Dengan berbekal ke-3 faktor di atas, yakinlah bahwa kita akan dapat memanfaatkan kesempatan yang datang tersebut dengan sebaik-baiknya

5. Do’a
Tanpa didasari dengan doa semua yang kita kerjakan adalah sia-sia artinya bisa aja sukses tapi tidak akan mendapat berkah dari Allah. (alias sombong) ada istilah mengatakan doa tanpa usaha adalah bohong dan usaha tanpa doa adalah sombong.

arti sukses secara keseluruhan adalah selamat di dunia dan akhirat. Allah berfirman :

"Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi.Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan."



Tidak ada komentar:

Posting Komentar