Kunci Sukses Bisnis Di Dunia Maya
Internet sudah berkembang sedemikian pesatnya. Bisnis yang dulunya hanya bersifat offline, maka dengan adanya internet saat ini, dunia bisnispun memanfaatkannya demi meningkatkan pendapatannya. Ambil contoh perbankan yang kini sudah membuka layanan internet banking. Ada juga McD yang saat ini sudah bisa Anda pesan juga melalui internet. Atau Yahoo! yang sudah sangat sukses dengan mengubah apapun yang tadinya offline maka sekarang bisa dinikmati secara online.
Di sisi lain, banyak orang yang mencoba mulai membuat bisnis yang memang murni online. Ada game online, ada layanan sms via web, layanan Voice over IP, membuat situs e-commerce, jasa web hosting dan lain sebagainya. Layanan yang penulis sebutkan itu kebanyakan layanan berbayar. Lariskah bisnis online tersebut? Jawabannya jelas YA. Kenapa? Karena bisnis online memang memiliki target pasar yang jelas dan kita sebagai pemilik bisnis online bisa mengetahui reaksi pelanggan dengan sangat cepat melalui berbagai channel feedback yang mungkin kita buka kepada pelanggan. Dari beberapa pengamatan penulis maka akhirnya penulis punya beberapa kesimpulan mengenai kesuksesan dalam bisnis online di internet. Apa saja itu? Simak saja berikut ini.
Kalau bisa gratis, buat apa bayarIni merupakan suatu pernyataan yang mungkin bisa dikatakan radikal. Mengapa? Sebagian besar orang mungkin menganggap gratis itu tidak menguntungkan. Tetapi anggapan itu sebenarnya salah. Ada banyak contoh nyata di internet yang menunjukkan bahwa gratis itu bisa menjadi sesuatu yang membawa profit bagi yang menjalankan bisnis. Ambil saja contoh Google. Dia dikenal sebagai search engine nomor satu di dunia saat ini. Google dulunya memulai segala sesuatunya dengan gratis atau bahkan kerja bakti. Larry Page dan Sergei Brin bekerja dengan tekun untuk membuat sebuah search engine yang mudah digunakan, sederhana tetapi hasilnya maksimal. Mereka tidak takut dengan kompetitor saat itu yaitu Yahoo!, dan apa akhirnya? Google sekarang menikmati hasilnya, semua yang ada di Google memang gratis, kontennya juga bisa kita akses dengan gratis, tetapi mereka mendapat pemasukan yang sangat besar dari penjualan iklan dalam bentuk keyword dan juga Google akhirnya membuat suatu hardware yang bisa melakukan search di dalam perusahaan.Contoh lainnya adalah Wikipedia (www.wikipedia.org). Wikipedia ini memang unik karena kontennya memang sangat bagus dan professional. Wikipedia juga awalnya dikembangkan secara sukarela dengan modal sumbangan sana sini. Berkat keseriusan dan kerja keras maka Wikipedia bisa tumbuh dan berkembang besar seperti sekarang ini dan mereka akhirnya mendapatkan banyak sekali donasi untuk kegiatan operasional mereka. Semua informasi yang ada di Wikipedia adalah gratis dan kita bisa mengambil banyak manfaat dari situs tersebut.Contoh menarik lainnya adalah Friendster (www.friendster.com). Idenya sebenarnya sederhana, yaitu membuat jaringan sosial dari pengguna internet di seluruh dunia. Awalnya semuanya gratis dan sampai saat ini Anda bisa bergabung dengan Friendster juga dengan gratis. Apa yang didapat oleh Friendster? Tentunya mereka mendapat banyak sekali database personal yang bisa mereka manfaatkan lebih lanjut. Selain itu saat ini mereka juga sudah mendapatkan penghasilan dari iklan. Enak bukan?Ada banyak contoh lainnya yang akan sangat panjang jika diceritakan pada kesempatan ini. Tetapi kita bisa ambil kesimpulan bahwa membuat sesuatu yang gratis bagi orang lain bukanlah hal yang merugikan bagi Anda. Selama hal yang 'gratis' tadi bisa digarap dengan serius, maksimal dan profesional, maka penulis yakin akan datang pihak-pihak yang tertarik dengan usaha bisnis online Anda.
Murah lebih baik daripada mahalJika sebelumnya Anda sudah ditantang dengan membuat bisnis online yang menawarkan jasa gratis. Sekarang bisnis online juga sudah digunakan untuk menciptakan peluang bisnis dengan menawarkan jasa yang lebih murah dari bisnis sejenis yang lain. Apa contohnya? Kita ambil saja jasa iklan online. Saat ini sudah banyak yang membuat jasa pemasangan iklan secara online dengan menawarkan harga pemasangan iklan yang sangat murah dibandingkan jika harus memasang iklan di media cetak. Para pembuat bisnis iklan ini selalu mengatakan bahwa dengan memasang iklan online maka pemasaran produk akan jauh lebih efektif karena bisa menembus batas negara, waktu, target iklan dan yang lainnya. Memang sih kenyataannya demikian. Dengan memasang iklan secara online -- dan dengan biaya yang lebih murah -- maka iklan Anda akan bisa diakses dari seluruh penjuru dunia. Kita ambil contoh misalnya situs Bekas.com, dia menawarkan jasa pemasangan iklan barang bekas Anda dan dari situ bisa terjadi transaksi-transaksi bisnis antar anggota situs dan efeknya situs Anda akan memiliki reputasi yang baik sebagai situs broker.Contoh lainnya adalah di bidang VoIP. Saat ini hampir pada semua aplikasi instant messaging sudah dilengkapi dengan fasilitas voice chat. Dengan demikian Anda bisa berkomunikasi dengan suara dengan lawan chatting Anda. Ini tentu saja bisa menghemat biasa komunikasi yang sebelumnya harus Anda lakukan dengan menggunakan telepon. Salah satu perusahaan online yang sukses dengan konsep ini adalah Skype. Skype merupakan salah satu instant messaging yang menawarkan fasilitas voice chat dengan sangat bagus kualitasnya. Orang bahkan rela membeli token dari Skype untuk bisa menelpon ke nomor telepon rumah rekan mereka daripada mereka harus menggunakan jalur telepon yang konvensional.
Mengundang lebih baik daripada menyuruhBisnis online memang gampang-gampang susah. Gampangnya adalah kita mudah menyiapkan segala sesuatunya, tetapi ketika sudah jadi maka seringkali gagalnya adalah pada sisi marketingnya. Cara memasarkan suatu produk online memang sangat berbeda dengan memasarkan produk yang bukan online. Misalnya saja Anda membuka jasa layanan SMS lewat web. Faktor yang penting adalah memasarkan agar situs itu dikenal orang. Salah satu cara memasarkan situs adalah dengan melalui e-mail atau memanfaatkan mailing list. Tapi ingat, jika Anda tidak berhati-hati maka Anda bisa dianggap spammer karena melakukan spam ke suatu mailing list ketika mempromosikan situs Anda.Ketika mempromosikan situs Anda atau bisnis online Anda melalui mailing list, maka usahakan selalu menarik pengunjung dengan kata-kata 'mengundang'. Jangan sekali-sekali menyuruh calon pengunjung untuk pergi ke situs Anda tanpa ada alasan atau hal-hal yang menarik di dalam situs Anda. Berikut ini adalah pesan e-mail yang buruk mengenai promosi suatu situs baru di internet.
Hai rekan-rekan semuanya. Ini ada situs baru, namanya GratisManis, ayo ayo ke www.gratismanis.com. Kami tunggu yah....Itu merupakan contoh yang kampungan dan tidak profesional. Mau tahu yang lebih baik? Berikut ini contohnya.
Dear rekan-rekan,Saya Ariesa Rahardjo dari GratisManis (www.gratismanis.com). Kami merupakan situs penyedia barang-barang gratis yang bisa didapatkan dari internet. Kami sudah online sejak Januari 2005 dan saat ini kami ingin mengundang rekan-rekan semuanya untuk berkunjung ke situs kami dan memberikan komentar terhadap situs kami ini. Kami tunggu komentarnya.Ariesa Rahardjowww.gratismanis.comNah,
contoh di atas terlihat lebih profesional dan menunjukkan Anda tidak main-main dengan layanan yang Anda tawarkan melalui internet. Ini menujukkan bahwa sesederhana apapun bisnis online Anda, apabila hal itu digarap dengan serius dan profesional, maka efeknya akan sangat impresif dan menguntungkan Anda.
Sumber : http://www.sony-ak.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar